PUPUK ORGANIK NASA PUPUK PADI TERBAIK

PUPUK ORGANIK NASA PUPUK PADI TERBAIK

DAFTAR HARGA

PENYAKIT KERDIL RUMPUT (GRASSY STUNT, KLOWOR) DARI BERBAGAI LITERATUR

PENYAKIT KERDIL RUMPUT (GRASSY STUNT, KLOWOR) DARI BERBAGAI LITERATUR

 harga pupuk organik nasa

Penyakit kerdil rumput atau biasa disebut penyakir klowor oleh petani Indramayu, disebabkan oleh Rice grassy stunt virus (RGSV). Penyakit ini terjadi di Indonesia Tahun 1976 dan 2009.

Gejala penyakit kerdil rumput diantaranya: tanaman menjadi sangat kerdil, anakan banyak, daun hijau pucat sampai kuning atau daun-daun sempit berwarna kuning sampai oranye, dan daun sempit dengan bintik-bintik karat kecil (IRRI 2002). Tanaman padi yang terserang penyakit kerdil hampa mengalami hambatan pertumbuhan (kerdil), daun menjadi berwarna gelap dengan tepi bergerigi atau ujung memutar, dan tulang daun mengalami pembengkakan atau benjolan di bagian bawah helai daun dan bagian luar permukaan pelepah daun (Cabautan et al. 2009)

Gejala penyakit ini yang muncul beranekaragam serta mirip dengan gejala kekurangan unsur hara dan kekeringan. Gejala penyakit kerdil pada pertanaman padi mulai terlihat pada 2 MST dan mengalami peningkatan sampai dengan 7 MST. Populasi wereng batang cokelat sebagai vektor virus kerdil di lapangan ditentukan oleh populasi serangga vektornya.

Kabupaten Indramayu merupakan daerah sentra tanaman padi yang mengalami perubahan pola penanaman. Saat ini penanaman padi dilakukan secara terus menerus sepanjang tahun, sehingga tanah tidak berisitirahat dan tidak ada rotasi tanaman. Selain itu, penanaman dilakukan secara tidak serempak, sehingga selalu ada tanaman padi yang jadi sumber makanan wereng. Serangan penyakit klowor di Indramayu saat ini masih bersifat sporadik, tetapi hal ini perlu diperhatikan dengan seksama karena mempunyai kecenderungan yang terus meluas seiring dengan dinamika populasi serangga vektornya yaitu wereng batang cokelat.

0 Response to "PENYAKIT KERDIL RUMPUT (GRASSY STUNT, KLOWOR) DARI BERBAGAI LITERATUR"

Posting Komentar